Saturday, September 29, 2012

Mengobati Sakit Mata dengan Daun Sirih

Beberapa hari lalu istri saya sedikit kelabakan dan riweuh ceuk sunda na mah  karena putri saya Annieda saat bangun tidur  matanya bengkak dan merah, padahal hari itu adalah jadwalnya masuk sekolah TKA, memang kasian liat anak tercinta matanya bengkak dan merah serta terus berair.

Biasanya kalo anak saya sakit (apapun) harus langsung dibawa ke Bidan tempat dia dilahirkan dulu entah sugesti atau apa, biasanya kalo dibawa ke ibu Bidan yang satu ini sakitnya jarang lama, istilahnya apapun sakitnya berobatnya Bu lilis aja (nama bidannya) hahahahaha. Walau pasti setiap penyakit yang nyembuhin hanya Allah SWT , Bidan Dokter, Mantri hanya sebagai syareat untuk kita berusaha saja.hehehe agak beralih pembahasannya nih

Ok kembali ke sakit mata, karena masih pagi dan sayapun sedikit sibuk (ngerjakeun Facebook hehe) bukan tidak sayang anak, akhirnya saya coba nyari-nyari artikel di internet tentang obat alami sakit mata. Akhirnya saya menemukan satu artikel yang cukup menarik yaitu  tentang daun sirih dan salah satu manfaatnya adalah sebagai obat sakit mata. (duh saya lupa alamat nya nih maaf ya yang punya artikel), namun yang pasti saya gak ragu mempraktekan resep sederhana ini, soalnya dulu waktu masih kecil sering ngeliat nenek saya (Alm) membersihkan matanya memakai air hasil perasan daun sirih. Seolah mengingatkan resep lama saja.

Bagaimana cara mengolah daun sirih untuk digunakan sebagai obat sakit mata? gampang  4-5 helai daun sirih diseduh dengan air panas kedalam gelas, aduk air seduhan sirih tersebut hingga sirih mengeluarkan minyak dengan tanda air menjadi agak keruh, tunggu hingga dingin. Selanjutnya sisihkan air seduhan tersebut kedalam piring kecil/pisin/tatakan gelas yang harus bersih tentunya.

2 cara bisa dilakukan disini. yaitu versi Istri saya dan Nenek saya silahkan pilih mana yang paling enak untuk dipraktekan :)

Versi Istri
Kapas bersih dicelupkan kedalam air seduhan daun sirih jangan diperas, lalu sedikit-sedikit  dioleskan ke mata yang sakit, nah saat  mengoleskan air sirih tersebut baru kapas diperas hingga habis. ketika akan melakukan pengolesan kedua kapas harus diganti dengan yang baru, jadi jangan diulang dengan kapas yang sama.

Versi Alm Nenek
 piring kecil/pisin/tatakan gelas yang berisi air seduhan sirih didekatkan ke bibir mata, lalu sedikit-sedikit condongkan pisin tsb kearah mata hingga mata tenggelam kedalam air tsb, setelah itu masih dalam posisi yang sama kedip-kedipkanlah mata kita pelan-pelan, memang akan terasa perih awalnya namun bila mata dalam keadaan sakit/merah yang biasanya disertai gatal,  beberapa saat mata akan mulai terasa nyaman, dan rasa gatal berkurang.

Nah itu dia kedua versi pengobatan mata dengan daun sirih. Lalu bagaimana kabar anak saya Annieda? ya setelah mempraktekan pengobatan dengan air daun sirih ini, besoknya anak saya sudah masuk sekolah dan matanyapun kembali normal. Alhamdulillah.

sekedar berbagi  pengalaman  semoga Bermanfaat, Wassalam

0 comments